Rabu, 04 Juli 2012

Biografi Adenan Kapau Gani


Adnan Kapau Gani yang Bernama Lengkap Dr. Adnan Kapau Gani (lahir di Palembayan, AgamSumatera Barat16 September 1905 – meninggal di PalembangSumatera Selatan23 Desember 1968 pada umur 63 tahun) adalah seorang dokter, Pemeran Indonesia dan Wakil Perdana Menteri di Masa Pemerintahan Amir Sjarifuddin.

[sunting]Jejak dan Karier A.K Gani

Setelah Lulus dari STOVIA ia terjun ke dunia politik dengan menjadi anggota Jong Sumateranen Bond[1] dan pernah menjabat sebagai anggotaKonstituante Indonesia ketika lembaga ini pertama kali didirikan. Ia juga tercatat menjadi anggota Gerindo (Gerakan Rakyat Indonesia) bersamaMuhammad Yamin,Amir Sjarifoeddin dan Adam Malik. Selain itu ia juga pernah menjadi Gubernur Militer Sumatera Selatan pada periode revolusi fisik melawan Agresi Militer Belanda dan juga pernah menjadi anggota delegasi Perundingan Linggarjati pada tahun 1946[2].
Di Pemerintahan Indonesia, beberapa kali Gani menduduki kursi menteri. Debut Gani bermula di Masa Kabinet Sjahrir III sebagai Menteri Ekonomi. Pada masa pemerintahan Amir Sjarifuddin (3 Juli 1947 - 29 Januari 1948), ia menjabat sebagai wakil perdana menteri merangkap sebagai Menteri Kemakmuran.
Pada tanggal 9 November 2007, almarhum Mayjen TNI Gani dianugerahi gelar pahlawan nasional oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar