Rabu, 11 Juli 2012

Biografi Bagindo Azizchan


Bagindo Azizchan (lahir di Padang30 September 1910 – meninggal di Padang19 Juli 1947 pada umur 36 tahun) merupakan wali kota Padang, yang dilantik pada tanggal 15 Agustus 1946 menggantikan Mr. Abubakar Jaar yang pindah tugas menjadi residen di Sumatera Utara.[1] Pada masa pemerintahannya, tentara Sekutu masih menduduki kota Padang dalam rangka pelucutan tentara Jepang.[2]
Dia menolak tunduk terhadap kekuatan militer Belanda yang berada di belakang tentara Sekutu dan terus melakukan perlawanan dengan menerbitkan surat kabar perjuangan yang bernama Republik Indonesia Jaya. Ia meninggal dalam tugasnya sebagai kepala pemerintah daerah pada tanggal 19 Juli1947 dalam sebuah pertempuran melawan Belanda pada usia 36 tahun.[3] Menurut hasil visum (dilakukan di Rumah Sakit Tentara Dr. Reksodiwiryo Ganting sekarang) ia meninggal karena terkena benda tumpul dan terdapat 3 bekas tembakan di wajahnya kemudian ia dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Bahagia Bukittinggi.
Bagindo Azizchan dianugerahi gelar Pahlawan Nasional Indonesia oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 9 November 2005 dalam kaitan peringatan Hari Pahlawan 10 November 2005.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar